Program CSR Kolaborasi PT. Telkom Indonesia dan PT. Nanobubble Karya Indonesia

15 Apr 2021 14:05:41 | Dilihat 127 kali

Program CSR Telkom
Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Telkom Indonesia merupakan program rutin sebagai bentuk pengabdian Telkom pada masyarakat. Pada kesempatan kali ini, PT. Telkom Indonesia berkolaborasi dengan PT. Nanobubble Karya Indonesia untuk program CSR bina lingkungan dengan tema "Pemanfaatan Teknologi Nanobubble dalam Budidaya Udang Vaname untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat yang Berkelanjutan".

Mengapa menggandeng Nanobubble
PT. Nanobubble Karya Indonesia adalah perusahaan manufaktur teknologi nanobubble pertama di Indonesia untuk pemanfaatan di bidang budidaya perikanan air payau dan tawar. Nanobubble Karya Indonesia memproduksi alat suplay oksigen untuk tambak udang dengan ukuran gelembung 80-200 nm. Ukuran gelembung yang kecil akan lebih stabil di dalam air dan memiliki waktu tinggal yang lama sehingga menjaga ketersediaan oksigen terlarut selama 24 jam pada tambak budidaya udang vaname (Baca juga: Pentingnya Kadar Oksigen Terlarut dalam Air).
Gelembung berukuran nano yang dihasilkan oleh nanobubble akan meningkatkan kadar oksigen terlarut di tambak hingga 2 kali lipat, hal tersebut dapat meningkatkan padat tebar sekaligus hasil panen lebih banyak.
Air dengan kadar oksigen tinggi tentu memiliki kualitas yang lebih tinggi, seperti dapat mempercepat pertumbuhan udang, mengefektifkan pemberian pakan, serta mengatasi virus dan bakteri. Penggunaan nanobubble ini telah terbukti sebelumnya dalam meningkatkan ukuran, total hasil panen dan produktivitas udang sebanyak 2 kali lipat daripada tanpa nanobubble pada tambak udang indoor di Situbondo.


Mekanisme Kegiatan
Kegiatan CSR kolaborasi bertempat di daerah Karangantu, dilaksanakan bersama Pokja Mega Mandiri yang diketuai oleh bapak H. Cecep. Budidaya udang vaname dilakukan pada lahan seluas 400 m2, yang terdiri dari 5 kolam terpal bundar masing-masing berdiameter 5 m. Pemeliharaan dan pemantauan udang vaname dilakukan oleh pokja dengan didampingi salah satu teknisi lapangan dari PT. Nanobubble Karya Indonesia. Dengan pemberian nanobubble, padat tebar udang vaname yang biasanya 100 ekor/m2 menjadi 250-300 ekor/m2. Hal tersebut sangat efektif dalam meningkatkan produktivitas budidaya udang vaname pada lahan yang sempit. 
Kegiatan pada program ini terdiri dari dua siklus dimana pada siklus pertama adalah proses edukasi dari tim nanobubble kepada masyarakat sehingga terdapat transfer knowledge budidaya dan pengoperasian mesin nanobubble. Selanjutnya, pada siklus kedua akan dilakukan penaikan padat tebar udang. Padat tebar yang ditargetkan untuk siklus kedua ini adalah sebanyak 750 ekor/m2.

Hasil yang diharapkan
Tambak udang vaname dengan teknologi nanobubble diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar dan tentunya berkelanjutan. Budidaya udang vanamei dengan teknologi nanobubble sangat potensial untuk dikembangkan, terlebih pada daerah pesisir yang memiliki faktor-faktor alam sangat mendukung, seperti sumber air salah satunya. Program ini disambut hangat dan didukung oleh pemerintah setempat. Saat ini terdapat beberapa pasar yang ditargetkan setelah panen raya seperti restoran, wisatawan serta PT. Nanobubble Karya Indonesia sendiri menawarkan untuk memfasilitasi kegiatan distribusi udang vaname pasca panen.

Peresmian acara
Peresmian acara CSR kolaborasi berlangsung pada hari selasa (6/4/21) yang bertempat di Karangantu, Serang, Banten. Acara peresmian dihadiri secara langsung oleh manajer Telkom CDC Regional 2 Jakarta, Ketua Yayasan Nano Center Indonesia, Direktur PT. Nanobubble Karya Indonesia, Ketua Pokja Mega Mandiri, Lurah, RT, RW dan perwakilan Kapolsek setempat, beberapa staff PT. Telkom dan Nanobubble serta masyarakat sekitar yang berpartisipasi dalam kegiatan CSR ini.
Acara berlangsung dari pukul 10.00 wib dengan diawali oleh sambutan dan kemudian Penandatanganan Berita Serah Terima Hasil Pekerjaan (BAST) serta pemberian cenderamata dari yayasan NCI kepada perwakilan PT. Telkom Indonesia dan perwakilan Pokja Mega Mandiri. Simbolisasi peresmian dilakukan dengan penebaran pakan alami udang (Artemia) oleh seluruh peserta yang hadir pada kegiatan tersebut.


Penulis: Zakia Dwi Puspa Ramadina