Nanobubble.id Raih Pendanaan Terbesar Dalam Ajang Thinkubator

01 Apr 2019 16:40:20 | Dilihat 228 kali

Nanobubble.id salah satu startup binaan Nano Center yang bergerak dalam bidang fisheries dan aquaculture menjadi salah satu finalis dari ajang kompetisi startup Thinkubator. Untuk mencapai tahap tersebut, nanobubble harus bersaing dengan 1169 startup yang mendaftar.

Thinkubator merupakan kompetisi startup terbesar di Indonesia yang digagas oleh Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman. Melalui ajang ini setiap startup berkesempatan mendapatkan pelatihan dan bimbingan dari para praktisi startup tanah air. Disamping itu juga memberikan peluang bagi startup untuk berkembang , membuka koneksi, dan mendapatkan pendanaan. Adapun kategori yang diperlombakan menyangkut bidang logistik/transportasi, agrikultur/lingkungan, edukasi, kesehatan, dan lainnya.

Dalam sesi live pitching pada Jumat, 30 Maret 2019 nanobubble.id yang diwakili oleh CEO Hardi Junaedi dan CBDO Dedi Cahyadi melakukan presentasi di depan tiga juri yaitu Chairul Tanjung yang merupakan Chairman and Founder of CT Corp, William Tanuwijaya Co-Founder Tokopedia, dan Frederica Widyasari Dewi yang merupakan Presiden PT KSEI.

Hardi Junaedi dan Dedi Cahyadi memaparkan bahwa nanobubble.id dibentuk bertujuan untuk meningkatkan produktivitas budidaya tambak udang. Dengan menggunakan teknologi nano mereka membuat alat yang bisa menciptakan gelembung nano oksigen yang dapat mendorong pertumbuhan produktivitas udang dan menghilangkan virus di tambak udang.

Penjelasan dari nanobubble.id ternyata menarik perhatian dari dewan juri. Seperti yang disampaikan oleh Chariul Tanjung, bahwa ini merupakan teknologi tepat guna yang aplikatif karena bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Hal senada juga disampaikan William Tanuwijaya bahwa dengan advance teknologi seperti ini diyakini bisa meningkatkan kapasitas ekspor. Begitu pula yang disampaikan Frederica Widyasari Dewi, dengan ide seperti ini sangat senang sekali karena bisa membantu petani udang.

Melihat antusiasme dari dewan juri, nanobubble.id berhasil mendapatkan pendanaan sekitar Rp 825 juta dan merupakan yang terbesar dibandingkan dengan finalis lainnya. Dimana Chairul Tanjung memberikan Rp 200 juta, William Tanuwijaya memberikan Rp 500 juta, dan Frederica Widyasari Dewi memberikan Rp 125 juta

(Nano Center Indonesia)