Penyebab Ikan Arwana Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

05 Mar 2021 10:32:58 | Dilihat 4685 kali

Ikan arwana merupakan ikan hias yang banyak diminati oleh para penggemar ikan hias. Ikan ini bersifat agresif dan dianggap dapat membawa keberuntungan. Ikan ini memiliki bentuk dan warna yang indah. Tak heran ikan ini memiliki permintaan pasar yang tinggi dan menyebabkan ikan ini memiliki harga yang tinggi karena keberadaannya di alam terancam punah. Saat ini sudah mulai banyak yang membudidayakan arwana di tempat penangkaran agar dapat memenuhi permintaan pasar. 

Ikan arwana yang sehat memiliki mata yang jernih, makan dengan lahap, berenang di bagian atas aquarium, warnanya cerah dan berkilau. Namun, Anda harus memahami dengan baik ciri-ciri arwana Anda ada dalam kondisi kurang baik. Salah satunya yakni kehilangan nafsu makan. Ada kalanya ikan arwana tidak nafsu makan. Penyebab arwana tidak mau makan antara lain karena 

1. Arwana bosan dengan menu makanan yang tidak bervariasi

Ikan arwana merupakan ikan karnivora. Anda dapat memberikan variasi makanan ikan arwana agar tidak bosan, misalnya dengan pelet khusus yang mengapung di permukaan dan makanan kering ataupun beku (seperti ikan, serangga, cacing, katak dan juga udang).

2. Ikan arwana sakit

Ikan arwana dapat terjangkit penyakit seperti bakteri dan virus ataupun masalah kesehatan lainnya. Ciri-ciri ikan arwana yang terjangkit penyakit antara lain seperti:

  • Terdapat jamur pada badan ataupun mulut
  • Lesu dan berenang di dasar akuarium
  • Mata terlihat keruh
  • Sisik berubah warna
  • Sulit bernafas
  • Kembung
  • Berat turun
  • Berenang sempoyongan
  • Sisik mengalami kerusakan

3. Ikan arwana stress

Ikan arwana dapat mengalamai stress seperti ketika kualitas air menurun, kolam/akuarium terisi banyak ikan (padat), atau temperatur kolam yang tidak nyaman bagi arwana. 


Bagaimana cara mengatasi arwana yang tidak mau makan?

Berikut merupakan tips cara mengatasi arwana yang tidak mau makan:

  1. Menjaga air kolam/akuarium tetap bersih dan parameter kualitas air baik
  2. Anda dapat mengganti air pada akuarium secara berkala.
  3. Temperatur kolam dapat diatur pada suhu 30 sampai 32 derajat celcius
  4. Melatih stress pada ikan, diberi sedikit tekanan secara berkala
  5. Memberikan obat dan vitamin untuk arwana

Kualitas air akuarium yang baik akan membuat arwana Anda sehat

Kualitas air yang buruk dapat disebabkan oleh akumulasi senyawa nitrit, nitrat, dan amonia yang bersumber dari feses dan juga sisa makan. Jika didiamkan dapat menjadi toksik bagi ikan arwana Anda dan akan mudah sakit. Senantiasa menjaga kualitas air akuarium dapat menjaga kesehatan ikan arwana Anda. Berdasarkan kisah dari Bapak Slamet Junaedi, pengguna mesin nanobubble untuk arwana di Pontianak, Kalimantan Barat. Beliau menyebutkan bahwa masalah nafsu makan ikan arwana terbantu dengan penggunaan mesin nanobubble.
 


Mesin nanobubble dapat membantu mengatasi masalah kualitas air kolam Anda, terutama dalam meningkatkan kadar oksigen terlarut pada kolam. Kebutuhan oksigen ikan hias Anda dapat dibantu dengan melakukan instalasi mesin nanobubble untuk ikan kesayangan Anda. 
Tertarik? Silahkan menghubungi kami lebih lanjut di 0813-1444-4216.
 

Sumber:

[2] Kementrian Kelautan dan Perikanan. n.d. Jenis-Jenis Arwana yang Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi. Refers from https://kkp.go.id/djprl/bpsplpadang/page/3021-jenis-jenis-arwana-yang-memiliki-nilai-ekonomis-tinggi

[3] Photo by Akash Banerjee on Unsplash