Memaksimalkan SEO Bisnis yang Efektif dan Efisien, Pentingnya Perencanaan Keuangan bagi Pelaku Usaha

30 Sep 2021 10:15:14 | Dilihat 583 kali
Memaksimalkan Search Engine Optimization (SEO) dan melakukan perencanaan keuangan yang baik dapat membantu pelaku usaha mengoptimalkan bisnisnya, sehingga menghasilkan revenue yang lebih besar.
 
Seperti diketahui, SEO adalah proses optimasi website agar bisa meningkatkan peringkat di hasil pencarian search engine Google. Bagaimana memaksimalkannya hingga bisa membantu kegiatan usaha, tentu saja perlu pengetahuan mumpuni.
 
Pelaku usaha juga harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan agar usaha yang dijalani dapat tetap berjalan dengan baik. 
 
Karena itu, Lifepal mengajak 9 pelaku usaha berkolaborasi dalam kegiatan webinar “The Most Effective and Efficient SEO Method for Your Business and The Importance of Having Protection for Business Owner”.
 
Adapun 9 UKM/UMKM/Startup yang bergabung dalam webinar kali ini terdiri dari Debellin, Paydinar, Pinhome, Soulfy, Edufund, Smartlegal, Nanobubble, Inagri dan Indogen Capital.
 
Dalam webinar kali ini, Debellin dan Nanobubble memberikan giveaway berupa 10 buah voucher belanja dan kaos sebagai bentuk support kepada sesama partners usaha di masa pandemi ini.
 
Dalam webinar kali ini, materi disampaikan oleh SEO Specialist Lifepal.co.id, TamaAndy serta Perencana Keuangan Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP®.
 
Kehadiran pembicara terkait digital marketing dan financial planning, para pelaku usaha dapat mengetahui seputar mengelola bisnisnya hingga mengoptimalisasikan SEO untuk meningkatkan penjualan. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengoptimalkan SEO?
 
Berikut ini adalah cara-caranya seperti dipaparkan TamaAndy, SEO Specialist Lifepal.co.id.

Kenapa Harus SEO?
Ada alasan yang mendasari mengapa pelaku usaha harus mengoptimalkan SEO untuk mendukung bisnisnya, yaitu:
  • Marketing channel berbasis keyword
  • Investasi jangka panjang dengan efek relatif permanen
  • Meningkatkan kredibilitas bisnis
  • Mendukung content integrations dan kontrol user journey.
Prinsip dasar dan ekosistem SEO
1. Pengunjung ingin puas mendapatkan informasi yang tepat dan lengkap.  
2. Sementara itu, dari segi Google, search engine hanya merangking website paling relevan dan terpercaya untuk masing-masing keyword.
 
Adapun metric-metric penentu kepuasan pengunjung dan Google terhadap website kita adalah:
  • Exit Rate rendah 
  • Bounce Rate rendah
  • Page per session tinggi
  • Peningkatan ranking
  • Peningkatan organic traffic
Apa itu Topic Cluster
Google dan mesin pencari lainnya menginginkan konten yang lebih mendalam dan berbasis topik, bukan konten dangkal yang diisi dengan kata kunci semata-mata untuk mendapatkan peringkat.

Karena perubahan perilaku pengguna saat ini, Google dan mesin pencari lainnya telah memodifikasi sistem mereka untuk memenuhi pencarian konten berbasis topik untuk mengedukasi pembaca. 

Jika dilakukan dengan baik, topic cluster ini sangat membantu dalam mengatur konten Anda dengan rapi dan Google lebih memilih untuk menjelajahi situs web yang mudah dinavigasi.

“Cluster topik dapat membuat kamu menjadi populer dengan menunjukkan keahlian Anda dalam niche tertentu. Membangun strategi konten berdasarkan kelompok akan menempatkan Anda di jalur cepat menuju ke halaman pertama Google,” jelas Tama.

Cara Membuat Topic Cluster
Berikut ini adalah empat caranya untuk membuat topic cluster yang membantu mengoptimalkan SEO bagi website Anda:

a. Pilih Topik Utama
Semua kluster topik dimulai dengan topik utama atau halaman pilar. Ini adalah halaman yang membahas subjek umum, jika berhubungan dengan website bisnis, cobalah untuk tetap berpegang teguh pada niche bisnis sebanyak mungkin.

Halaman pilar ini harus komprehensif dan terperinci, dan kontennya harus panjang. Misalnya, bisa jadi sebuah panduan how-to yang menunjukkan cara melakukan sesuatu atau sebuah panduan utama.

Panduan harus mudah dibaca dan terstruktur dengan baik dengan menggunakan subjudul dan tautan ke berbagai topik dan halaman terkait lainnya. 

Dengan melakukan ini, Anda membantu prospek untuk terus mempercayai usaha Anda, dan merek bisnis Anda.

Cluster Content
Kluster konten adalah artikel pendukung untuk halaman pilar. Artikel tersebut harus selalu terhubung kembali ke halaman pilar Anda dan harus terkait dengan konten halaman pilar Anda. 

Artikel ini bisa jadi lebih pendek dan tidak begitu mendalam, tetapi masih perlu disusun dengan baik dan mudah dibaca untuk manusia dan Google. 

Langkah ini pada akhirnya akan memungkinkan Anda memaksimalkan konten yang ada, dan pada saat yang sama, akan membantu Anda memaksimalkan fokus pada upaya pembuatan konten Anda.

b. Optimalkan Kata Kunci Anda
Meskipun topik cluster adalah teknik SEO terbaru di dunia digital marketing, ini tidak berarti bahwa Anda harus mengabaikan dan melupakan kata kunci target Anda.

Mengoptimalkan konten dan halaman web di sekitar kata kunci Anda masih merupakan keharusan.

Segera setelah cluster topik Anda dibuat dan kata kunci target Anda selesai, sekarang Anda dapat memperbarui dan mengoptimalkan halaman dan konten Anda di cluster Anda.

c. Berikan Tautan atau Hyperlink ke Semua Konten Terkait
Hyperlink adalah elemen terakhir yang menyatukan kluster topik Anda. Pada dasarnya, Anda hanya perlu menambahkan tautan internal dari setiap kluster konten tunggal ke halaman pilar agar Google tahu bahwa semuanya berkaitan. 

Langkah ini dianggap sebagai langkah paling penting, ketika membuat sebuah klaster topik karena ini dengan jelas menunjukkan kepada mesin pencari, seperti Google, bahwa konten ini terhubung dan saling terkait satu sama lain.

Itulah langkah optimalisasi SEO untuk website usaha Anda dengan membuat Topic Cluster. Selain menerapkan semua langkah-langkah di atas, hal lain yang tak kalah penting dalam menjalankan usaha adalah melakukan perencanaan keuangan yang baik.

Untuk itu, Perencana Keuangan Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® memaparkan cara-cara bagi pelaku usaha memaksimalkan perencanaan keuangan terbaik.

a. Ketahui usaha yang dijalani dengan baik
Agar bisa menjaga kesehatan keuangan usaha dengan baik, maka langkah utama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui baik usaha yang dijalani.

Agar bisa mengenali kesehatan keuangan Anda dengan baik, maka lakukan pencatatan keuangan usaha dengan detail. 

Selain itu, Anda harus memisahkan rekening pribadi dan rekening bisnis Anda, agar mempermudah proses pencatatan arus kas bisnis dan keuangan Anda.

b. Jaga kesehatan keuangan Anda
Untuk menjaga kesehatan keuangan sebagai pelaku usaha tetap terjaga, Anda bisa menggaji diri sendiri. 

Pengeluaran atas gaji akan masuk ke bagian beban operasional usaha Anda. Sementara itu, laba bersih yang diperoleh tentu bisa digunakan untuk kebutuhan ekspansi usaha.

c. Miliki pengeluaran bulanan yang tetap
Sebagai pelaku usaha, bisnis memiliki siklus yang tidak bisa diprediksi. Dengan begitu, pemasukan bulanan Anda pun bisa tak menentu alias tidak tetap. 

Kadang tinggi, atau kebalikannya lebih kecil dari biasanya. Bahkan, Anda harus menerima kondisi saat tidak mendapatkan pemasukan sama sekali karena risiko usaha.

Karena itu, Anda harus membuat pengeluaran bulanan untuk kebutuhan sehari-hari agar selalu tetap. Dengan begitu, Anda bisa menghitung berapa dana darurat dan uang pertanggungan asuransi yang dibutuhkan.

d. Dana darurat sudah aman
Siapapun Anda atau apapun profesi yang digeluti, harus tetap menyediakan dana darurat.  

Dana darurat bagi pelaku usaha bermanfaat untuk memitigasi risiko di saat Anda tidak bisa mencetak penghasilan bersih dari usaha. 

Artinya, dana ini hanya akan Anda gunakan saat menghadapi hal-hal darurat yang tidak bisa diatasi dengan keuangan secara normal (sesuai anggaran tetap).

Jika Anda adalah pelaku usaha baru, bisa menyiapkan dana darurat setara 2 tahun pengeluaran. 

e. Tetap berikan perlindungan terbaik dengan asuransi
Sebagai wirausahawan, Anda harus melindungi diri dengan proteksi terbaik, dalam hal ini asuransi kesehatan agar menghindari hilangnya atau terkurasnya tabungan karena sejumlah risiko atau musibah yang menimpa diri Anda. 

Tentu bukan lagi rahasia ketika sakit kita akan membutuhkan biaya pengobatan yang jumlahlah tidaklah sedikit. Dengan jaminan kesehatan, maka dapat melindungi diri dari risiko kesehatan  tak terduga sehingga dapat melindungi finansial dan keluarga.

Jaminan kesehatan merupakan kebutuhan proteksi yang paling mendasar bagi siapapun. Jaminan kesehatan dapat berupa BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan.

Setelah memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa membeli produk asuransi jiwa sebagai perlindungan finansial akibat hilangnya kemampuan mencari nafkah dari seseorang, bisa disebabkan karena cacat tetap total atau kematian.

Itulah cara-cara paling efektif dan efisien untuk memaksimalkan SEO bisnis Anda dan perencanaan keuangan terbaik bagi pelaku usaha. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Perbedaan Microbubble dan Nanobubble


Sumber artikel
Artikel ini ditulis oleh Aulia Akbar, CFP®, AEPP®, Financial Educator Lifepal dan SEO Specialist Lifepal.co.id, TamaAndy sebagai bagian dari kolaborasi dengan Lifepal.co.id.